Selasa, 21 Februari 2017

DongengLah - Legenda Surabaya "Sawung Galing"


             Sudah lama sekali, Surabaya sudah menjadi pelabuhan yang sibuk di bagian timur Pulau Jawa di Indonesia saat ini. Penguasa Surabaya adalah orang bijak, bernama Tumenggung Jayengrono. Dia suka berburu sangat banyak.

            Wiyung adalah nama daerah di mana dia biasanya pergi berburu dengan anak buahnya. Ada hutan kecil di sana di mana dia bisa berburu rusa dan hewan lain.

           Suatu hari ia melihat seorang gadis cantik bernama Dewi Sangkrah di desa Wiyung. Jayengrono langsung jatuh cinta padanya.

             Dewi Sangkrah tidak bisa menolak cintanya dan mereka menjadi kekasih. Beberapa bulan kemudian dia melahirkan bayi laki-laki.

              Bayi laki-laki itu bernama Joko Bereg. Jayengrono mengatakan kepada pacarnya untuk menjaga putranya dan memberikan gadis itu liontin yang indah.

               Hari demi hari berlalu dan Joko Bereg tumbuh sebagai bocah tampan dan cerdas yang tampak seperti ayahnya.

              Sayangnya dia tidak memiliki ayah jadi dia sering mendengar orang-orang bergosip tentang ibunya. Joko Bereg terluka oleh gosip itu sehingga suatu hari dia bertanya pada ibunya tentang hal itu.

"Bu, boleh saya bertanya sesuatu?"

'Ya tentu saja'

‘Saya telah memikirkan masalah ini selama beberapa bulan terakhir. Sebenarnya saya tidak berani bertanya tentang hal ini.

Saya takut saya akan melukai perasaan Anda

'Tentang apa ini? ‘

‘Orang-orang bergosip tentang kami’

             Ibunya terkejut. Dia terdiam sejenak. Dia berusaha sangat keras untuk mengendalikan emosinya.

              'Ok, ini bukan salahmu. Saya tahu apa yang kau rasakan. Ini adalah kesalahanku.

              Maafkan aku, putraku. Sekarang Anda sudah dewasa, sekarang saatnya bagi Anda untuk mengetahui kebenaran '

             "Jangan ibu, jika itu terlalu sulit untuk Anda, Anda tidak perlu memberi tahu saya. Saya akan mencoba memahami '

             "Tidak, Joko. Cepat atau lambat Anda harus tahu latar belakang Anda. Mendengarkan.

               Joko, kamu punya ayah. Ayahmu adalah orang yang sangat spesial. Dia adalah pria yang kuat. Namanya Tumenggung Jayengrono, penguasa Surabaya '.

Kali ini Joko Bereg terkejut. Dia terdiam.

‘Saya tidak mengerti ibu’

              'Dua puluh tahun yang lalu saya bertemu dia di sini di desa ini ketika dia pergi berburu di sini. Dia bilang dia akan menikahiku.

               Kemudian ketika kamu lahir dia mengatakan kepadaku untuk menjagamu dengan baik dan dia berjanji padaku untuk kembali dan membawaku ke rumahnya.

               Saya tidak tahu mengapa dia tidak pernah menyimpan kata-katanya. Tapi dia memberi saya sesuatu. Melihat. Dia memberi saya liontin ini ’.

              "Bu, kenapa kamu tidak melakukan apa-apa? Tidak adil baginya untuk meninggalkanmu seperti itu '

              ‘Joko, saya hanyalah wanita miskin yang tidak berdaya. Apa yang bisa saya lakukan pada pria yang begitu kuat? "

               "Bu, saya punya ide. Saya akan datang menemuinya di Surabaya ’

               ‘Ok, tapi berjanjilah padaku bahwa kamu harus menjaga sikapmu. Dia adalah pria yang dihormati dan berkuasa.

                Jangan membuatnya marah. Katakan padanya siapa Anda dengan baik dan sopan dan tunjukkan liontin ini kepadanya

                Keesokan harinya Joko Bereg pergi ke Surabaya sendirian. Meskipun dia hanya bocah malang yang berasal dari desa,

                 Joko sangat rapi dan sopan. Kemudian dia bertemu dengan penjaga di depan rumah Jayengrono.

                 'Permisi; Saya Joko Bereg dari desa Wiyung, di luar kota. Bolehkah saya meminta izin untuk mengadakan audiensi dengan Tumenggung Jayengrono? "

                 "Untuk apa" tanya penjaga itu dengan arogan.

               ‘Saya ingin melaporkan tentang situasi terbaru di desa saya, Wiyung’

               "Kamu harus menunggu beberapa hari karena Yang Mulia sangat sibuk".

              Jadi Joko Bereg harus menunggu beberapa hari. Kemudian suatu hari penjaga itu memanggil namanya dan dia diizinkan masuk. Tumenggung Jayengrono adalah pria yang baik hati. Dia sama sekali tidak sombong. Ketika dia melihat Joko, dia dengan hangat menyambutnya.

            "Maafkan saya Yang Mulia, bolehkah saya masuk?"

            "Hai anak muda, masuklah, duduk di sini. Siapa namamu? Mengapa Anda ingin melihat saya? "

              ‘Saya Joko Bereg dari Wiyung. Sebelum memberitahumu tentang alasanku menemuimu, biarkan aku memohon maaf jika kata-kataku akan membuatmu marah.

'Tentang apa ini?

'Tentang keluargaku'

            'Keluargamu? Apakah Anda memiliki masalah keluarga?

            "Ya, Yang Mulia, sebenarnya saya anak Dewi Sangkrah dari desa Wiyung. Dia mengatakan kepada saya bahwa saya harus melihat Anda dan menunjukkan liontin ini kepada Anda. Dia bilang liontin ini dari kamu.

             Sepuluh guntur menyerang pada saat yang sama lebih ringan daripada kata-kata Joko Bereg untuk Tumenggung Jayengrono.

             Dia tidak pernah mengharapkan kata-kata itu. Dia berpikir bahwa Joko adalah kepala desa biasa yang ingin melaporkan sesuatu. Karena dia bisa mengendalikan emosinya, dia bertanya lebih lanjut.

"Apa yang dia katakan padamu?"

            "Dia mengatakan bahwa dia bertemu dengan Anda di Wiyung dua puluh tahun yang lalu, lalu Anda mengatakan kepadanya bahwa Anda akan menikahinya. Ketika aku lahir kamu memberinya liontin ini.

              Dia mengatakan bahwa aku adalah putramu. Tapi kamu tidak pernah kembali. "

"Apakah dia menikahi lelaki lain setelah itu?"

              "Tidak, dia tidak melakukannya. Dia telah menunggu Anda untuk waktu yang lama '

                Tumenggung Jayengrono diam saja. Dia melihat halaman rumahnya tanpa mengucapkan sepatah kata pun. Sementara Joko Bereg juga diam.

                 Dia tidak berani mengatakan apa-apa. Dia hanya melihat ke lantai.

                "Joko, ini sangat mengejutkan bagi saya, tetapi saya harus mengakui bahwa saya telah mengabaikan Anda dan ibumu. Aku yang salah. Maafkan saya atas kesalahan saya.

             Saya juga harus meminta maaf kepada ibumu. Dia pasti sangat terluka. Jadi, ini keputusan saya. Mulai sekarang Anda adalah putra saya yang sah dari ibumu Dewi Sangkrah dan Anda akan tinggal di sini bersamaku.

               Saya akan memberi Anda nama baru - Sawung Galing. Besok Anda harus pulang ke Wiyung dan memberi tahu ibu Anda tentang hal itu. Dia juga istri sah saya tetapi dia tinggal di sana di Wiyung ’.

               Kabar bahwa Tumenggung Jayengrono memiliki istri baru dan seorang putra menyebar dengan cepat ke seluruh negeri. Semua orang terkejut terutama keluarga Jayengrono. Dia sudah punya istri dan dua putra - Sawung Rono dan Sawung Sari. Mereka sangat kecewa dan sangat kesal. Jadi mereka menyiapkan rencana untuk menghilangkan Sawung Galing.

               Hari pertama Sawung Galing tinggal di rumah ayahnya adalah yang paling sulit baginya. Banyak mata menatap curiga padanya. Istri dan anak-anak Jayengrono sangat membencinya tetapi mereka tidak berani menunjukkan kebencian mereka kepada Jayengrono. Suatu hari ketika Jayengrono sibuk mereka bertemu dengannya. Istri Jayengrono tidak bisa mengendalikan emosinya ketika dia bertemu dengannya.

           "Hei, kamu tidak seharusnya ada di sini. Kamu hanya anak desa yang bodoh! "

'Permisi? ‘

'Keluar dari rumah saya!'

            "Saya takut itu tidak benar. Saya di sini atas perintah Yang Mulia Jayengrono. Selain itu, saya juga putranya. Harap hanya

Sawungrono dan Sawungsari juga sangat marah.

              "Hei, kamu anak desa bodoh, kamu tidak punya hak untuk berdebat dengan ibuku. Dia adalah wanita yang dihormati dan kamu hanya bajingan! "

               Sawung Galing tidak dapat mengendalikan emosinya ketika dia mendengar kata-kata sarkastik dari saudara tirinya. Ketegangan memuncak dan mereka bertempur. Sawung Galing kalah jumlah tetapi dia adalah seorang anak yang kuat dan cerdas sementara saudara tirinya hanya anak-anak manja yang tidak pernah bekerja keras. Akhirnya Sawung Galing bisa mengalahkan saudara tirinya. Sementara itu para pelayan sangat senang melihat Sawung Galing dapat mengalahkan mereka. Sebenarnya mereka tidak suka Sawungrono dan Sawungsari yang arogan dan sarkastik.

              Sawung Galing adalah anak yang sopan. Meskipun dia memiliki posisi tinggi saat itu, dia tetap ramah kepada semua orang. Segera dia memenangkan rasa hormat banyak orang.

             Sementara penguasa kolonial Belanda tidak menyukai Tumenggung Jayengrono. Mereka berpikir bahwa Jayengrono adalah penghalang bagi ambisi kolonial mereka. Jadi mereka berusaha mencari cara untuk menggulingkannya dari kekuasaan. Lalu mereka mengadakan kompetisi. Di medan Surabaya mereka memasang bendera dan meminta orang-orang untuk menembak dengan panah. Siapa saja yang bisa menembaknya akan dipromosikan sebagai penguasa Surabaya.

              Banyak orang datang untuk ambil bagian dalam kompetisi termasuk putra-putra Jayengrono. Sawung Rono dan Sawung Sari tidak berhasil karena mereka hanya anak manja yang tidak bisa berbuat apa-apa. Sawung Galing segera mengambil gilirannya. Tembakannya bagus; dia bisa menembak bendera. Penguasa kolonial segera mempromosikannya sebagai penerus Jayengrono. Mereka yakin bahwa mereka bisa mendikte penguasa muda yang baru.

               Asumsi penguasa kolonial salah. Sawung Galing terbukti menjadi pemimpin yang baik. Dia tahu dari pengalaman tangan pertama orang-orang yang menderita sehingga ketika dia berkuasa dia berjuang untuk mereka. Dia tidak mau didikte oleh kolonialis. Dia membangun pasukan yang kuat dan dia bisa menahan serangan militer Belanda.

              Hari ini orang masih mengingatnya sebagai pahlawan dan legenda Surabaya. Makamnya terletak di distrik Wiyung di kota Surabaya, kota terbesar kedua di Indonesia. Dia dimakamkan di sana bersama ibunya, ayah besarnya dan kerabatnya. Banyak orang datang untuk berdoa baginya di makamnya.
Similar Templates

0 komentar:

Most Viewed

► RECOMMENDED

CopyRight © 2016 DongengLah | BLOG RIEZKYAA RK | R.K | RIZKY KUSWARA |