Selasa, 21 Februari 2017

DongengLah - Kisah Si Raja Tikus



           Dahulu kala di tanah yang sangat jauh ada tikus jantan besar. Dia sangat kuat dan galak. Dia bisa mengalahkan musuhnya dengan gigi dan cakar. Dia begitu besar untuk seekor tikus sehingga kucing tidak mau memakannya.

Meskipun ada banyak kucing di lingkungannya, dia aman. Mereka bahkan akur.

           Seiring berlalunya hari, tikus besar itu semakin kuat dan kuat. Ketika dia sebesar kucing jantan dewasa dia adalah tikus terkuat di daerahnya. Jadi dia ingin menjadi raja. Niatnya terinspirasi oleh manusia.

           Ketika dia tinggal di selokan di depan sebuah rumah mewah, dia sering melihat seorang pria kaya yang tinggal di sana. Dia tidak pernah melihat pria itu bekerja. Banyak orang yang bekerja untuknya. Lalu dia memberi tahu kucing tentang niatnya. Pertama mereka menertawakannya.

‘Kamu ingin menjadi raja? Ayolah!'

"Ya, izinkan saya untuk menjadi raja mouse di sini"

Kucing yang paling berpengaruh berkata:

"Aku kucing nomor satu di sini tapi tetap saja aku bukan raja"

Tapi tiba-tiba dia mendapat ide cemerlang.

           'Oh oke kalau begitu. Jika Anda benar-benar ingin menjadi raja tikus saya dan seluruh komunitas kucing akan sepenuhnya mendukung Anda. Siapa pun yang menghalangi jalan Anda akan menjadi musuh kita. Jika Anda butuh bantuan, hubungi kami. Kami akan segera datang dan siap membantu dua puluh jam sehari. Tapi ada syaratnya

'Apa itu?'

‘Anda harus memberi kami sepuluh tikus per hari selama sisa hidup Anda’

'Oh, itu tidak adil. Anda tidak melakukan apa pun dan Anda meminta sepuluh tikus per hari? "

           "Kamu bilang kita tidak melakukan apa-apa? Kami mendukungmu. Saya tahu ada tikus yang kuat di sana siap untuk menghilangkan Anda. Dalam satu tahun dia akan lebih kuat darimu. Dia akan lebih dari siap menjadi raja. Saya yakin dia akan siap memberi kami lima belas tikus per hari. Jadi pilihannya adalah milik Anda

Baiklah saya setuju. Tapi tolong bantu saya untuk melenyapkan dia

           "Kamu sangat bijaksana. Tentu saja kita akan melenyapkannya. Tidak ada masalah bagi kita. Mulai sekarang Anda adalah raja dari semua tikus di daerah ini. Kata-kata Anda akan menjadi hukum

'Terimakasih atas dukunganmu. Saya mengundang Anda untuk pelantikan saya besok '.

‘Saya punya ide yang lebih baik’ kata kucing nomor satu.

           ‘Anda sebaiknya membatalkan pelantikan Anda. Katakan pada warga negara Anda yang rendah hati bahwa raja Anda adalah manusia. Katakan pada mereka bahwa Anda akan mewakili raja. Anda memerintah atas nama raja. Dengan begitu kamu akan menjadi lebih kuat '

‘Terima kasih atas ide brilianmu’

           Keesokan harinya tikus besar memanggil semua tikus di lingkungan itu. Di depan mereka dia membuat deklarasi.

           'Mulai sekarang di daerah kami menjadi kerajaan tikus. Penguasa adalah Yang Mulia Raja Prabu. Tapi karena dia sangat sibuk, dia tidak bisa mengurus operasi sehari-hari masyarakat kita. Oleh karena itu dia menunjuk saya sebagai kepala Anda.

           Saya akan bekerja untuk Anda. Saya akan melayani Anda. Jadi tolong patuhi semua perintah saya. Para pembangkang akan dihukum.

           Dan inilah pesanan pertama saya. Kalian semua harus bekerja keras untuk memberikan persembahan untuk raja kami. Persembahan harus diletakkan di depan istananya, di sini di depan rumah saya. Dan setiap hari raja membutuhkan sepuluh tikus untuk bekerja untuknya '

           Sejak itu mereka memberi persembahan berupa makanan, buah-buahan, dan sayuran kepada raja mereka. Mereka membawa mereka ke rumah tikus besar di parit. Dan tikus besar itu memberi sepuluh tikus setiap hari ke istana raja.

           Tikus besar itu sangat senang karena dia tidak harus bekerja lagi. Kucing-kucing itu sangat senang karena mereka tidak harus berburu.

           Tapi kemudian ada yang salah. Tikus besar itu membawa sepuluh ekor tikus ke istana ketika itu terjadi. Salah satunya adalah tikus jantan yang kuat. Ketika mereka tiba di istana, dia terkejut ketika melihat kucing telah menunggu mereka.

           Dia diberitahu bahwa mereka akan bekerja untuk raja. Dia menyadari bahwa dia akan menjadi korban. Lalu dia berlari secepat yang dia bisa. Kucing-kucing mengejarnya. Untung dia bisa bersembunyi di selokan. Setelah itu dia memberi tahu komunitas mouse.

           "Hei, tikus besar itu pembohong! Dia mengkhianati kita. Dia mengorbankan kita pada kucing. Saya melihat teman-teman kami dimakan oleh kucing. Saya yakin dia makan penawaran kami juga ’

           Kata-katanya bergerak cepat. Semua anggota komunitas tetikus tahu rahasia ini. segera mereka sangat marah. Kerumunan tikus lalu datang ke rumah tikus besar.

"Hei, tikus besar, mengapa kamu mengorbankan teman-teman kita untuk kucing?

'Itu adalah sebuah kesalahan. Kucing-kucing menyerang kami ketika kami ada di sana ’.

‘Liar! Anda harus dihukum! Kami akan memberi tahu raja tentang ini ’.

"Aku adalah rajamu! Akulah raja yang sebenarnya. Patuhi perintah saya! "

'Pembohong! Bawa dia ke raja! "

           Orang-orang yang marah keluar dari kendali. Lalu mereka menyerang tikus besar. Tikus besar adalah tikus yang kuat dan berani sehingga dia melawan.

           Dia bisa membunuh dua atau tiga dari mereka. Tapi dia kalah jumlah. Ketika dia kelelahan dia tidak bisa bertarung lagi.

           Akhirnya kerumunan tikus membunuhnya. Tikus besar mati secara tragis. Tubuhnya digigit berkeping-keping. Tikus ingat dia sebagai pembohong dan penindas yang mengkhianati komunitasnya sendiri.
Similar Templates

0 komentar:

Most Viewed

► RECOMMENDED

CopyRight © 2016 DongengLah | BLOG RIEZKYAA RK | R.K | RIZKY KUSWARA |