Selasa, 21 Februari 2017

DongengLah - Kisah Legenda Banyuwangi



           Banyuwangi adalah nama sebuah kabupaten di provinsi Jawa Timur, Indonesia. Terletak di bagian paling utara dari pulau Jawa, di samping Bali. Selat Bali adalah antara Banyuwangi dan pulau Bali.

           Budaya Banyuwangi adalah unik karena merupakan perpaduan pengaruh Jawa, Bali dan Madura. Inilah legenda terkenal tentang Banyuwangi.

           Lama-lama Banyuwangi disebut Blambangan. Itu adalah sebuah kerajaan di bawah raja yang bijaksana yang memiliki seorang putra yang tampan dan cerdas. Raden Banterang adalah namanya. Dia suka berburu sangat banyak.

           Dia sering pergi ke hutan di sekitar Blambangan untuk berburu binatang. Suatu hari ketika dia berada di hutan dia melihat seekor rusa. Dia mengejarnya dan rusa berlari lebih dalam ke hutan. Kudanya sangat bagus dan kuat sehingga dia meninggalkan pengawalnya di belakang. Sayangnya dia kehilangan rusa itu.

           Saat dia beristirahat di bawah pohon beringin besar tiba-tiba seorang wanita cantik muncul di depannya. Raden Banterang sangat terkejut melihat seorang gadis cantik sendirian di hutan. Dia curiga bahwa dia bukan manusia. Jadi dia bertanya padanya.

'Maafkan saya, wanita cantik, apakah Anda tinggal di sekitar sini?'

           'Tidak, saya tidak. Saya dari Klungkung, Bali. Nama saya Surati. Saya seorang putri, putri raja Klungkung. Saya membutuhkan bantuan Anda'

"Aku akan dengan senang hati membantu Anda, tapi tolong katakan padaku apa masalahmu adalah '

           "Aku dalam bahaya. Terjadi pemberontakan di Klungkung. Pemberontak itu membunuh ayah saya tetapi saya bisa melarikan diri. Penjaga saya membawa saya ke sini tetapi saya kehilangan mereka. Sekarang saya sendiri. Saya tidak tahu ke mana harus pergi. Saya tidak memiliki saudara di sini. Tolong bantu aku'
         
           'Anda datang ke orang yang tepat. Saya pangeran Banterang dari kerajaan Blambangan. Aku akan melindungimu. Silakan ikut saya. '

           Kemudian Raden Banterang membawa pulang Surati. Dia jatuh cinta padanya dan kemudian beberapa bulan kemudian dia menikahinya. Suatu hari ketika Surati berada di jalan dia bertemu seorang pria. Pria itu memanggilnya.

'Surati, Surati'

           Dia terkejut ketika menyadari bahwa lelaki itu adalah saudara laki-lakinya Rupaksa. Rupaksa mengatakan kepadanya bahwa itu adalah Raden Banterang yang membunuh ayah mereka. Dia datang ke Blambangan untuk membalas dendam dan meminta surati untuk bergabung dengannya. Surati terkejut tetapi dia menolak untuk bergabung.

           'Saya benar-benar terkejut mendengar berita itu. Tapi saya tidak yakin. Raden Banterang sekarang adalah suamiku. Dia sangat baik padaku. Dia tidak pernah menyakitiku. Dia melindungiku. Sebagai istri yang baik, saya tidak akan pernah mengkhianatinya. Adalah tugas saya untuk melayaninya. '

'Tapi dia membunuh ayah kita'.

           'Sulit bagiku untuk mempercayainya. Ketika saya bertemu dengannya dia ada di sini, tidak di Klungkung '

Rupaksa kecewa dengan saudara perempuannya. Dia juga sangat marah padanya.

           Baiklah kalau begitu. Aku harus pergi sekarang. Tapi tolong jaga kepalaku. Taruh di bawah bantal Anda '

           Rupaksa memberikan gaun kepalanya kepada saudara perempuannya, Surati. Untuk menghormati kakaknya, Surati meletakkannya di bawah bantalnya. Beberapa hari kemudian Raden Banterang sedang berburu di hutan ketika dia bertemu dengan seorang lelaki yang terlihat seperti seorang pendeta. Pria itu menyambutnya dengan sopan. Lalu dia mengatakan sesuatu.

'Hidupmu dalam bahaya. Seseorang memiliki niat jahat kepada Anda '

'Siapa dia?'

"Istrimu Surati '

"Surati? Bagaimana kamu tahu?"

           'Saya seorang pendeta. Saya memiliki visi spiritual yang jelas. Saya hanya ingin menyelamatkan Anda. Cari kamarnya. Jika Anda menemukan gaun kepala di bawah bantal, maka kata-kata saya benar. Ini dari seorang pria yang akan membantunya membunuhmu '

'Terima kasih, Yang Mulia'

           Raden Banterang kaget. Dia sangat marah kepada istrinya, maka dia segera pulang ke rumah. Ketika sampai di istana, dia segera mencari kamar tidur Surati. Ketika dia menemukan gaun kepala di bawah bantalnya, dia yakin pastor itu benar.

           'Kamu adalah istri yang tidak setia. Saya tahu bahwa Anda menginginkan saya mati. Ini adalah buktinya. Ini dari seorang pria yang akan membantumu membunuhku. Katakan padaku siapa dia '

Surati kaget dan menangis.

          ' Ini adalah gaun kepala kakakku. Saya bertemu dengannya beberapa hari yang lalu ketika Anda pergi berburu. Dia memberi saya gaun kepalanya dan menyuruh saya meletakkannya di bawah bantal saya. Jadi saya menaruhnya di sana untuk menghormatinya. Itu dia yang ingin membunuhmu, bukan aku '

           Tetapi Raden Banterang tidak memercayainya. Dia memberinya hukuman mati. Dia membawa istrinya ke tepi sungai karena dia akan menikam istrinya dan membuang tubuhnya ke sungai.

'Sebelum aku mati, izinkan saya mengucapkan beberapa kata'

'Silakan lakukan'

           'Setelah aku mati, buang saja tubuhku ke sungai. Jika air menjadi kotor dan bau, itu artinya saya bersalah. Tetapi jika air menjadi jernih dan harum keluar darinya, itu berarti saya tidak bersalah '.

           Kemudian ketika Raden Banterang menikam istrinya dengan keris, Surati melemparkan dirinya ke sungai. Hebatnya air menjadi jernih dan harum keluar darinya. Surati tidak bersalah! Raden Banterang menyesali perilaku emosinya. Sejak saat itu ia mengubah nama kerajaannya menjadi Banyuwangi. Banyu berarti aroma air dan Wangi Menas.
Similar Templates

0 komentar:

Most Viewed

► RECOMMENDED

CopyRight © 2016 DongengLah | BLOG RIEZKYAA RK | R.K | RIZKY KUSWARA |