Senin, 05 Desember 2016

DongengLah - Kisah Tupai Bijak



           Satu Hari seorang pria berjalan melewati hutan lebat. Di satu tangan dia membawa keris, dan di tangan yang lain tombak panjang, kalau-kalau dia bertemu macan dan ular di sepanjang jalan.

           Dia telah mencapai tepi hutan dan memberi selamat pada dirinya sendiri bahwa dia tidak harus menggunakan keris atau tombaknya, ketika seketika dia mendengar, tepat di atas kepalanya, suara yang paling mengerikan.

           Dia mendongak ke dahan-dahan dari tempat yang tampaknya datang, dan dia melihat seekor ular besar yang telah menangkap ekornya dalam satu cabang.

           Ular itu melakukan segalanya untuk membebaskan ekornya. Tiba-tiba dia melihat pria itu dan memanggilnya, "Oh, bantu aku, bantu aku! Buat perpecahan di cabang sedikit lebih lebar dengan tombakmu, sehingga aku bisa mengeluarkan ekorku dan berjalan ke arahku."

           "Aku akan melakukan itu," kata pria itu, "jika kamu pertama kali berjanji bahwa kamu tidak akan menyakitiku setelah aku membebaskanmu / '

"Nah sekarang, kenapa aku harus menyakitimu?" tanya sang ular.

"Anda tidak perlu takut dari saya / *

           Jadi pria itu membuat perpecahan di cabang sedikit lebih lebar dengan tombaknya dan ular itu menarik ekornya keluar,

           "Jangkau tombakmu ke arahku," kata ular itu kemudian, "agar aku bisa merangkak turun ke bawah ke bawah tanah / lni yang dilakukan lelaki itu. Ular itu meliuk-liuk di sekitar tombak, tetapi alih-alih merayap ke tanah, ia berhenti di pundak pria itu dan melilitkan diri dengan cepat di lehernya.

           "oy, apa yang kamu lakukan?" pria itu berteriak ketakutan. "Kenapa kamu melilit dirimu di leherku? Kenapa kamu tidak merangkak ke tanah?"

"Karena aku ingin membunuhmu / 'desis ular itu.

"Tetapi Anda berjanji bahwa Anda tidak akan menyakiti saya," kata pria itu.

           "Yah, begitulah," jawab ular "Tapi ketika aku berjanji itu, aku masih di pohon. Sekarang, aku ada di bumi, dan di bumi kebaikan selalu dibayar dengan kejahatan."

           Pria itu berpikir dengan panik tentang cara melarikan diri. "Baiklah," katanya, "kau bisa membunuhku. Tetapi pertama-tama saya ingin mendengar pendapat tiga orang lain, yang mungkin kita temui di sini di hutan, seperti apa yang Anda katakan. "

"Bagus, kata ular itu." Ayo kita pergi. "

           Hal pertama yang mereka datangi adalah pohon palem. "Minta pohon palem / * memerintahkan ular itu.

           "Pohon palem," pria itu menjelaskan, "beberapa saat yang lalu aku menyelamatkan nyawa ular ini, dan sekarang dia ingin membunuhku karena, katanya, di sini, di bumi kebaikan selalu dihargai dengan kejahatan. Benarkah itu?"

           "Tentu saja itu benar," kata pohon palem itu. "Lihatlah aku. Dengan daun melambaiku aku menyegarkan para pengembara yang merayap padaku, lelah dan letih; Aku membiarkan mereka tidur di keteduhanku.

           Dan setelah mereka segar, mereka meretasku menjadi potongan-potongan kecil dengan kapak tajam mereka dan melemparkanku kedalam api."

           "Apakah kamu mendengar apa yang dikatakan pohon palem?" tanya si ular, memutar tubuhnya sendiri lebih erat lagi di tenggorokan pria itu.

           Mereka pergi lebih jauh, sampai mereka tiba di sebuah anak sungai. Pria itu mengatakan kepada anak sungai bagaimana dia telah menyelamatkan kehidupan ular dan bagaimana ia ingin membunuhnya karena di bumi kebaikan selalu dibayar dengan kejahatan.

           "Ularnya benar," kata sungai itu. "Lihat saja aku. Dengan airku, aku menghidupkan kembali semua yang datang kepadaku lelah dan haus. Dan setelah mereka haus dahaga, mereka membalasku dengan melemparkan ke air jernihku segala macam hal yang najis. Kamu harus biarkan diri Anda dicekik oleh ular, karena di sini di bumi baik selalu dihargai dengan kejahatan. "

Dan untuk ular, "Silakan, ular, dan hancurkan pria yang menyelamatkan hidupmu!"

           Ular itu berliku-liku sendiri masih lebih ketat di leher pria itu, sampai dia hampir mati lemas. Sambil megap-megap, dia menangis, "Jangan bunuh aku, oh, ular! Minta pendapat ketiga. Kalau begitu kau bisa membunuhku."

"Baiklah," kata si ular, melihat tupai kecil yang duduk di salah satu cabang pohon.

Pria itu juga melihat tupai itu. "Mari kita tanyakan apa yang dia pikirkan," katanya kepada ular itu.

           "Tanya dia, kalau begitu," kata ular itu, "karena aku sedang terburu-buru untuk mencekikmu sebelum aku mengambil tupai sebagai mangsa."

           "Tupai kecil /" kata pria itu, "Aku menyelamatkan nyawa ular ini, dan sekarang dia ingin membunuhku karena, seperti yang dikatakannya, di sini, di bumi kebaikan selalu dihargai dengan kejahatan. Benarkah?"

Tupai itu melihat pertama pada ular itu dan kemudian pada pria itu.

           "Yah, itu sangat sulit untuk diputuskan. Aku harus melihat dulu bagaimana semua ini terjadi. Karena aku benar-benar tidak tahu bagaimana kau menyelamatkan nyawa ular itu. Kau harus menunjukkan itu dulu.

Hanya dengan begitu aku bisa memberikan keputusanku. "

"Aku pasti akan membiarkanmu melihat bagaimana kelanjutannya," kata ular itu.

           Mereka semua kembali ke pohon tempat lelaki itu pertama kali melihat ular itu, dan ketika merayap naik ke batang pohon ke arah cabang terbelah, pria itu mengambil tombaknya dan menabrak ular itu mati!
Similar Templates

0 komentar:

Most Viewed

► RECOMMENDED

CopyRight © 2016 DongengLah | BLOG RIEZKYAA RK | R.K | RIZKY KUSWARA |