Senin, 05 Desember 2016

DongengLah - Kisah Orang Miskin Dan Orang Kaya



           Pada zaman dahulu, ketika Tuhan sendiri masih biasa berjalan di dunia ini di antara manusia, pernah terjadi bahwa dia lelah dan dikuasai oleh kegelapan sebelum dia dapat mencapai sebuah penginapan.

           Sekarang berdiri di jalan di depannya, dua rumah saling berhadapan, yang besar dan cantik, yang lain kecil dan miskin. Yang besar milik orang kaya, dan yang kecil untuk orang miskin.

           Kemudian Tuhan berpikir, saya tidak akan menjadi beban bagi orang kaya. Saya akan menginap malam bersamanya.

           Kemudian orang kaya itu mendengar seseorang mengetuk pintunya, dia membuka jendela dan bertanya pada orang asing itu apa yang diinginkannya. Tuhan menjawab, saya hanya meminta penginapan semalam.

           Kemudian orang kaya itu memandang musafir dari kepala sampai ke kaki, dan ketika Tuhan mengenakan pakaian biasa, dan tidak terlihat seperti orang yang memiliki banyak uang di sakunya, dia menggelengkan kepalanya, dan berkata, tidak, saya tidak dapat membawamu di, kamar saya penuh dengan bumbu dan biji-bijian.

           Dan jika saya mengajukan semua orang yang mengetuk pintu saya, saya mungkin segera pergi memohon pada diri saya sendiri. Pergilah ke tempat lain untuk penginapan, dan dengan ini dia menutup jendela dan membiarkan Tuhan berdiri di sana.

           Maka Tuhan memalingkan punggungnya pada orang kaya, dan pergi ke rumah kecil dan mengetuk. Dia hampir tidak melakukannya ketika orang miskin itu membuka pintu kecil dan meminta para pelancong masuk.

           Malam itu denganku, sudah gelap, katanya. Anda tidak bisa pergi lebih jauh ke-malam. Ini menyenangkan hati Tuhan, dan dia masuk.

           Istri orang miskin itu bersalaman dengannya, dan menyambutnya, dan mengatakan bahwa dia harus membuat dirinya sendiri di rumah dan bertahan dengan apa yang mereka dapatkan. Mereka tidak banyak menawarkannya, tetapi apa yang mereka miliki akan mereka berikan dengan segenap hati mereka.

           Kemudian dia menaruh kentang di atas api, dan ketika mereka mendidih, dia memerah susu kambing itu, bahwa mereka mungkin memiliki sedikit susu dengan mereka. Ketika kain itu diletakkan, Tuhan duduk bersama pria dan istrinya, dan dia menikmati makanan kasar mereka, karena ada wajah-wajah bahagia di meja.

           Ketika mereka makan malam dan waktunya tidur, wanita itu memanggil suaminya dan berkata, dengarkan, suami tercinta, mari kita membuat tempat tidur untuk diri kita sendiri ke malam, dan kemudian orang miskin itu dapat tidur di tempat tidur kita. dan beristirahatlah dengan baik, karena dia telah berjalan sepanjang hari, dan itu membuat orang lelah. Dengan segenap hatiku, dia menjawab, aku akan pergi dan menawarkannya kepadanya.

           Dan dia pergi ke orang asing itu dan mengundangnya, jika dia tidak keberatan, untuk tidur di tempat tidur mereka dan mengistirahatkan anggota tubuhnya dengan benar. Tetapi Tuhan tidak mau mengambil tempat tidur mereka dari dua orang tua.

           Namun, mereka tidak akan puas, sampai akhirnya dia melakukannya dan berbaring di tempat tidur mereka, sementara mereka sendiri berbaring di atas jerami di tanah.

           Keesokan paginya mereka bangun sebelum fajar, dan membuat sarapan yang sebaik mungkin untuk tamu.

           Ketika matahari bersinar melalui jendela kecil itu, dan Tuhan telah bangun, dia kembali makan bersama mereka, dan kemudian bersiap untuk memulai perjalanannya.

           Tetapi ketika dia berdiri di pintu, dia berbalik dan berkata, karena kamu baik dan baik, kamu mungkin menginginkan tiga hal untuk dirimu sendiri dan aku akan memberikannya kepada mereka. Kemudian pria itu berkata, apa lagi yang harus saya harapkan tetapi kebahagiaan kekal, dan bahwa kita berdua, selama kita hidup, mungkin sehat dan memiliki setiap hari roti harian kita. Untuk keinginan ketiga, saya tidak tahu apa yang harus saya miliki.

           Dan Sang Bhagavā berkata kepadanya, maukah Anda menginginkan rumah yang baru, bukan yang lama ini. Oh, ya, kata pria itu.

           Jika saya bisa memilikinya, saya juga sangat menyukainya. Dan Tuhan memenuhi keinginannya, dan mengubah rumah lama mereka menjadi yang baru, sekali lagi memberi mereka berkatnya, dan melanjutkan.

           Matahari tinggi ketika orang kaya itu berdiri dan bersandar ke luar jendela dan melihat, di sisi seberang jalan, sebuah rumah baru yang tampak bersih dengan ubin merah dan jendela-jendela terang di mana pondok tua itu dulu berada.

           Dia sangat tercengang, dan memanggil istrinya dan berkata kepadanya, katakan padaku, apa yang bisa terjadi.

           Tadi malam ada sebuah pondok kecil yang menyedihkan berdiri di sana, dan hari ini ada rumah baru yang indah. Jalankan dan lihat bagaimana itu terjadi.

           Maka istrinya pergi dan bertanya kepada orang miskin itu, dan dia berkata kepadanya, kemarin malam seorang pelancong datang ke sini dan meminta penginapan malam, dan pagi ini ketika dia pergi meninggalkan kami, dia memberi kami tiga keinginan - kebahagiaan abadi, kesehatan selama ini hidup dan roti harian kita juga, dan selain ini, rumah baru yang indah bukan pondok lama kita.

           Ketika istri orang kaya itu mendengar ini, dia berlari kembali dengan tergesa-gesa dan memberi tahu suaminya bagaimana itu terjadi. Pria itu berkata, aku bisa mencabik-cabik diriku sendiri.

           Jika saya tahu tetapi tahu itu. Pelancong itu juga datang ke rumah kami, dan ingin tidur di sini, dan saya mengirimnya pergi. Cepat, kata istrinya, naik ke atas kudamu. Anda masih bisa menangkap lelaki itu, dan kemudian Anda harus meminta agar tiga permohonan diberikan kepada Anda juga. Orang kaya itu mengikuti nasihat yang baik dan berlari di atas kudanya, dan segera datang dengan Tuhan.

           Dia berbicara kepadanya dengan lembut dan menyenangkan, dan memohon padanya untuk tidak menganggapnya salah bahwa dia tidak membiarkannya langsung. Dia mencari kunci pintu depan, dan sementara itu orang asing itu pergi. Jika dia kembali dengan cara yang sama dia harus datang dan tinggal bersamanya. Ya, kata Tuhan.

           Jika saya kembali lagi, saya akan melakukannya. Kemudian orang kaya itu bertanya apakah mungkin tidak menginginkan tiga hal juga, seperti yang dilakukan tetangganya.

           Ya, kata Tuhan, dia mungkin, tetapi itu tidak akan menguntungkannya, dan dia lebih baik tidak menginginkan apa pun. Tetapi orang kaya itu berpikir bahwa dia dapat dengan mudah meminta sesuatu yang akan menambah kebahagiaannya, jika dia hanya tahu bahwa itu akan dikabulkan. Maka Tuhan berkata kepadanya, naik ke rumah, lalu, dan tiga permintaan yang harus Anda buat, harus digenapi.

            Orang kaya itu sekarang mendapatkan apa yang diinginkannya, jadi dia pulang ke rumah, dan mulai mempertimbangkan apa yang seharusnya dia harapkan. Karena itu dia berpikir dia membiarkan tali kekang jatuh, dan kuda itu mulai berkeliaran, sehingga dia terus terganggu dalam meditasinya, dan tidak dapat mengumpulkan pikirannya sama sekali.

           Dia menepuk lehernya, dan berkata, dengan lembut, lisa, tetapi kuda itu hanya memulai trik-trik baru. Lalu akhirnya dia marah, dan menangis dengan tidak sabar, aku berharap lehermu patah. Langsung dia telah mengucapkan kata-kata, menuruni kuda itu jatuh ke tanah, dan di sana terbaring mati dan tidak pernah bergerak lagi.

           Dan dengan demikian harapan pertamanya terpenuhi. Karena ia kikir secara alami, ia tidak suka meninggalkan baju zirah yang tergeletak di sana. Jadi dia memotongnya, dan meletakkannya di punggungnya. Dan sekarang dia harus berjalan kaki. Saya masih memiliki dua permintaan yang tersisa, kata dia, dan menghibur dirinya dengan pikiran itu.

           Dan sekarang ketika dia berjalan perlahan melewati pasir, dan matahari membakar panas di siang hari, dia menjadi sangat marah dan marah. Pelana itu melukai punggungnya, dan dia belum tahu apa yang harus diharapkan.

           Jika saya berharap untuk semua kekayaan dan harta di dunia, kata dia untuk dirinya sendiri, saya masih harus memikirkan segala macam hal lain di kemudian hari.

           Saya tahu itu, sebelumnya. Tetapi saya akan mengelola sehingga tidak ada yang tersisa untuk saya harapkan sesudahnya. Lalu ia mendesah dan berkata, ah, jika saya tapi itu petani Bayern, yang juga memiliki tiga keinginan diberikan kepadanya, dan tahu cukup baik apa yang harus dilakukan, dan di tempat pertama berharap untuk banyak bir, dan di kedua untuk bir sebanyak yang dia bisa minum, dan di ketiga untuk satu barel bir ke dalam tawar-menawar.

           Banyak kali dia pikir dia telah menemukannya, tetapi kemudian tampaknya dia menjadi, setelah semua, terlalu sedikit.

           Kemudian muncul dalam pikirannya, betapa mudahnya hidup istrinya, karena dia tinggal di rumah di ruang yang sejuk dan menikmati dirinya sendiri.

            Ini benar-benar membuat dia jengkel, dan sebelum dia sadar, dia berkata, saya hanya berharap dia duduk di sana di atas pelana ini, dan tidak bisa melepaskannya, daripada harus menyeretnya di punggung saya.

           Dan ketika kata terakhir diucapkan, pelana menghilang dari punggungnya, dan dia melihat bahwa keinginannya yang kedua telah terpenuhi. Kemudian dia benar-benar merasa panas.

           Dia mulai berlari dan ingin sendirian di kamarnya sendiri di rumah, untuk memikirkan sesuatu yang sangat besar untuk keinginan terakhirnya.

           Tetapi ketika dia tiba di sana dan membuka pintu ruang tamu, dia melihat istrinya duduk di tengah ruangan di atas pelana, menangis dan mengeluh, dan tidak bisa melepaskannya. Jadi dia berkata, lakukanlah, dan saya akan mengharapkan semua kekayaan di bumi untuk Anda, hanya tinggal di tempat Anda berada.

           Dia, bagaimanapun, menyebutnya bodoh, dan berkata, apa gunanya semua kekayaan di bumi melakukan saya, jika saya duduk di pelana ini. Anda telah berharap saya di atasnya, jadi Anda harus membantu saya. Jadi apakah dia mau atau tidak, dia dipaksa untuk membiarkan keinginan ketiganya adalah bahwa dia harus berhenti dari pelana, dan dapat melepaskannya, dan segera keinginan itu terpenuhi.

           Jadi dia tidak mendapat apa-apa kecuali kekesalan, kesulitan, pelecehan, dan kehilangan kudanya. Tetapi orang-orang miskin hidup dengan tenang, tenang, dan saleh sampai kematian mereka bahagia.
Similar Templates

0 komentar:

Most Viewed

► RECOMMENDED

CopyRight © 2016 DongengLah | BLOG RIEZKYAA RK | R.K | RIZKY KUSWARA |